Dasar Perawatan Mekanisme Mesin

Tuesday, March 14th, 2017 - Mesin, Perawatan/Perbaikan, Sepeda Motor

Dasar Perawatan Mekanisme Mesin Sepeda Motor

Sebuah sepeda motor terkecilpun dibuat lebih dari 1000 komponen. Pada umumnya sepeda motor dikendarai untuk jangka panjang, karenanya besar kemungkinan, “performance/unjuk kerjanya “ akan menurun dan kerusakan terjadi lambat atau cepat, meskipun hal ini tergantung dari pemeliharaan si empunya dan kebiasaannya mengendarai sepeda motor.

Tetapi pada umumnya sebuah sepeda motor tidak akan rusak dengan tiba tiba bila digunakan secara normal, kecuali tentunya bila terjadi kecelakaan. Sebelum kerusakan terjadi, motor tersebut memperlihatkan gejala gejala operasional yang tidak normal, misal : suara bunyi yang agak keras dari tumbukan antara klep/katup (valve) dengan tuas katup (rocker arm) pada kepala silinder. Dan untuk memperpanjang umur kendaraan sepeda motor sesuai ketentuan pabrik, maka perlu perawatan secara berkala/periodik.perawatan mekanisme mesin,dasar perawatan mekanisme mesin,perawatan berkala mekanisme mesin,jadwal perawatan mekanisme mesin secara berkala,perawatan berkala mekanisme mesin sepeda motor

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan mekanisme mesin adalah:

  • Gunakan suku cadang yang asli. Suku cadang yang tidak memenuhi syarat spesifikasi/imitasi akan mempercepat/merusak sepeda motor.
  • Gunakan kunci kunci perkakas khusus atau SST (Special Service Tool) yang didesain untuk kendaraan kendaraan tertentu.
  • Pasang gasket, cincin – O, pin pengaman, plat pengunci baru sewaktu pemasangan kembali.
  • Sewaktu mengencangkan baut dan mur, mulailah dengan baut berdiameter besar atau baut yang di tengah lebih dulu menuju pinggir secara bersilang dan kencangkan dengan momen pengerasan yang telah ditentukan oleh pabrik.
  • Bersihkan komponen komponen di dalam cairan pembersih sewaktu pembongkaran. Lumasi permukaan permukaan yang bergeser sebelum pemasangan kembali.
  • Sewaktu pemasangan sil oli (oil seal ) baru, pastikan bahwa bibir perapat dilumasi dengan pelumas/vet.
  • Setelah pemasangan kembali, periksa semua bagian terhadap pemasangan dan kerja operasional yang baik.
  • Gunakan alat perkakas yang sesuai sewaktu mengerjakan sepeda motor. Bila mur dan baut ukuran metris, maka gunakan kunci kunci ukuran metris.

Dasar perawatan mekanisme mesin juga ditentukan oleh beban kerja mesin, oleh karena itu diperlukan perawatan mekanisme mesin lebih sering jika sepeda motor dipakai secara lebih berat atau di daerah yang banyak berdebu.