Final Drive (Penggerak Akhir) Sepeda Motor

Friday, July 13th, 2018 - Sepeda Motor, Transmisi

Final Drive (Penggerak Akhir) Sepeda Motor

Final drive adalah bagian terakhir dari sistem pemindah tenaga yang memindahkan tenaga mesin ke roda belakang. Final drive juga berfungsi sebagai gigi pereduksi untuk mengurangi putaran dan menaikkan momen (tenaga ). Biasanya perbandingan gigi reduksinya berkisar antara 2,5 sampai 3 berbanding 1 (2,5 atau 3 putaran dari transmisi akan menjadi 1 putaran pada roda).

1. Final Drive Jenis Rantai Dan Sprocket

Final drive jenis rantai dan sproket,final drive sepeda motor,sistem final drive pada sepeda motor,fungsi final drive pada sepeda motor,penggerak akhir motor,penggerak akhir,penggerak akhir (final drive),fungsi penggerak akhir,sistem penggerak akhir

Gambar 1. Final drive jenis rantai dan sproket

  1. Enggine sprocket
  2. Lockwasher
  3. Retaining nut
  4. Real wheel sprocket
  5. Chain
  6. Lockwashers
  7. Retaining bolts

Final drive pada sepeda motor sebagai bagian terpisah dari transmisi/persnelling, terkecuali scooter dengan transmisi CVT. Final drive dapat dilakukan dengan menggunakan rantai dan gigi sproket, sabuk dan puli, atau sistem poros penggerak. Jenis rantai dan sproket adalah jenis yang paling umum digunakan pada sepeda motor.

2. Final Drive Jenis Poros Penggerak (Drive Shaft)

Final drive jenis poros penggerak (drive shaft) biasanya digunakan untuk sepeda motor model touring. Jenis ini cukup kuat, lebih terjaga kebersihannya dan perawatan rutinnya hanya saat penggantian oli. Namun demikian final drive jenis ini cukup berat dan biaya pembuatannya mahal. (lihat pada gambar 2). Sedangkan final drive jenis sabuk dan puli hanya dipakai pada beberapa sepeda motor saja, khususnya generasi awal sepeda motor, dimana power atau tenaga yang dihasilkan masih banyak yang rendah, sehingga penggunaan jenis sabuk dan puli masih efektif.

Final drive jenis shaft drive

Gambar 2. Final drive jenis shaft drive

3. Final Drive Jenis Sabuk dan Puli (Belt and Pulley)

Final Drive Jenis Sabuk dan Puli (Belt and Pulley)

Gambar 3. Final Drive Jenis Sabuk dan Puli (Belt and Pulley)

  1. Enggine pulley
  2. Lockwasher
  3. Retaining bolts
  4. Belt
  5. Real wheel pulley
  6. Belt guides
  7. Retaining nuts

Jenis final drive jenis sabuk dan puli (belt and pulley) dapat kita jumpai pada motor matic.