Karburator Sistem Beban Penuh

Saturday, January 14th, 2017 - Mesin, Sepeda Motor

Karburator Sistem Beban Penuh (Sistem Tenaga)

Pada waktu mesin jalan dengan kecepatan tinggi, campuran bahan bakar dan udara diatur sedikit agak kurus, karena mesin berputar dengan beban ringan. Dikatakan juga dengan istilah kecepatan ekonomis. Akan tetapi bila mesin berputar dengan beban penuh, maka diperlukan campuran yang gemuk.

Salah satu cara yang dipergunakan pada karburator tipe variable venturi yaitu dengan memasang main jet tambahan dalam pipa yang berasal dari ruang pelampung, tetapi penempatan pipa tersebut sedikit lebih tinggi dibandingkan ujung dari throttle slide/piston. Hal ini akan membuat “pengaruh venturi” hanya dapat dicapai untuk karburator sistem beban penuh/tenaga (power) jika throttle slide/piston diangkat cukup tinggi.

Cara Kerja Karburator Sistem Beban Penuh (Sistem Tenaga)

Cara Kerja Karburator Sistem Beban Penuh (Sistem Tenaga),sistem beban penuh,sistem beban tenaga,karburator sistem beban penuh,karburator sistem tenaga,cara kerja karburator sistem tenaga,sistem tenaga karburator,sistem tenaga pada karburator bekerja saat

Gambar 1. Posisi power jet untuk sistem tenaga pada karburator tipe variable venturi

Berdasarkan gambar di atas dapat dilihat bahwa bila pembukaan throttle piston masih sekitar setengah karena putaran mesin belum terlalu tinggi dan mesin beroparesi/bekerja pada beban ringan, maka aliran campuran udara dan bahan bakar hanya melalui needle jet. Tetapi bila pembukaan throttle piston lebih naik lagi sampai melewati ketinggian dari power jet, maka aliran campuran udara dan bahan bakar disamping melalui needle jet, juga melalui power jet. Pada kondisi ini mesin bekerja pada putaran yang lebih tinggi lagi atau jalan menanjak sehingga diperlukan tambahan pasokan bahan bakar untuk menambah tenaga mesin tersebut. Gambar 1 diatas menunjukan bagian yang bekerja pada karburator sistem beban penuh (sistem tenaga).