Kondisi Visualisasi Busi

Thursday, March 9th, 2017 - Kelistrikan, Mesin, Perawatan/Perbaikan, Sepeda Motor

Visualisasi Busi Sebagai Indikator Kondisi Busi

Kondisi Busi dapat dilihat kesesuaiannya setelah motor disetel dengan benar serta daya yang dihasilkan cukup dan dijalankan sekurang kurangnya 50 km dengan perlakuan pembebanan berbeda beda  maka jika busi dibuka dan dilihat secara visual dapat disimpulkan sebagai berikut. Lihat juga gambar 1. (visualisasi busi)

Kondisi Visualisasi Busi

  1. Kondisi Busi Normal : bila kaki isolator berwarna abu abu sampai berwarna coklat muda, berarti pemilihan tipe busi benar dan kondisi motor normal. Jika elektrode tengah menjadi tumpul, segeralah ganti dengan busi yang lain.
  2. Kondisi Busi Putih : Isolator tengah berwarna abu abu putih.
    Kemungkinan penyebab adalah Campuran bahan bakar terlalu kurus atau salah memilih busi. Akibatnya adalah temperatur pembakaran terlalu tinggi dan terjadi kerusakan pada piston.
    Cara mengatasi adalah dengan menyetel campuran bahan bakar secara tepat, memriksa nilai oktan bahan bakar.
  3. Kondisi Busi Berjelaga : Kaki isolator, elektrode dan rumah busi tertutup jelaga,
    kemungkinan penyebab : campuran terlalu kaya, filter udara sangat kotor atau sistem bantu start bekerja terus/rusak, Choke lama bekerja, mesin hanya dihidupkan sebentar atau pemilihan busi tidak cocok. Akibatnya : Pengapian gagal, putaran mesin jelek saat start dingin.
    Cara mengatasi : Periksa campuran dan sistem bantu start ,periksa sistem choke, Filter udara dan danti dengan busi yang lain.
  4. Kondisi Busi Basah karena oli : Kaki isolator, elektrode dan rumah busi seluruhnya basah tertutup kotoran atau oli.
    Kemungkinan penyebab adalah : terlalu banyak oli masuk kedalam ruang bakar akibat dari oli dalam ruang engkol terlalu banyak, ring piston aus,dinding silinder aus atau batang penghantar katup aus.
    Kemungkinan penyebab : pengapian jelek, motor lama dijalankan stasioner, oli cepat berkurang.
    Cara mengatasi : Motor dilakukan overhaul, ganti busi yang sesuai.
  5. Kondisi Elektrode Busi Tengah Meleleh : Ujung isolator tengah meleleh, bertumpuk.
    Penyebab dari elektroda tengah meleleh adalah : beban termis akibat bara api misalnya saat pengapian terlalu awal,adanya bara api didalam ruang bakar akibat penumpukan kerak oli, Nilai oktan bahan bakar yang terlalu rendah, tipe busi terlalu panas. Akibat yang ditimbulkan pengapian jelek, kehilangan daya, dan kemungkinan motor rusak.
    Cara mengatasi : Periksa pengapian dang anti busi yang sesuai.
  6. Kondisi Busi Berkerak. Kerak yang keras ditambah dengan bahan bakar dan menumpuk pada celah pernapasan busi antara rumah busi dan kaki isolator serta elektrode tengah.
    Penyebabnya adalah bertumpuknya partikel partikel kecil dalam pembakaran dari oli dan bahan bakar ketika mesin bekerja tidak normal. Kemungkinan penyebab adalah pembakaran yang membara dan yang lebih memungkinkan adalah kerusakan motor.
    Cara mengatasinya periksa kondisi motor, ganti busi yang sesuai, bila perlu ganti jenis oli mesin.
kondisi busi,visualisasi busi,kondisi busi motor,kondisi busi putih,kondisi busi hitam,kondisi busi yg bagus,membaca kondisi busi mobil,jelaskan kondisi busi normal,pemeriksaan kondisi busi,tips kondisi busi,gambar kondisi busi motor,cara melihat kondisi busi,kondisi motor dari busi,membaca kondisi busi motor,membaca kondisi busi,mengecek kondisi busi,cek kondisi busi mobil,uraian kondisi busi,mengetahui kondisi busi,macam kondisi busi,arti kondisi busi

Gambar 1. Kondisi Visualisasi Busi