Locking Synchronisation (Penguncian Serempak)

Friday, November 16th, 2018 - Mobil, Transmisi

Proses Locking Synchronisation (Penguncian Serempak) pada Transmisi Mobil

Hub serempak pada bagian dalamnya mempunyai alur alur yang sesuai dengan alur atau splins pada sumbu utama. Hub mempunyai gigi luar atau alur-alur sesuai keadaannya dengan alur dalam dari sleeve bila dihubungkan. Tiga buah kunci (locating king) untuk bulk ring yang dapat masuk ke alur didalam hub dan ditekan oleh clamping ring.

locking synchronisation (penguncian serempak),locking synchronisation,penguncian serempak,proses penguncian serempak,proses locking synchronisation,locking synchronisation transmisi mobil,proses locking synchronisation roda gigi mobil

Gambar 1. Hub penggelincir, sirklip dan pasak pengunci

Bulk ring terbuat dari kuningan (Bronco) dan mempunyai konis dalam dan keadaannya sesuai dengan konis luar dari roda gigi. Gigi luar dari pada bulk ring dan hubungan gigi pada gear wheel mempunyai pitch (tusuk) yang sama seperti gigi dalam pada penghubung (embatan) dan gear wheel dikunci kepada sumbu utama. Bulk ring mempunyai 3 notch yang sesuai dengan locating key. Matches bentuknya lebih lebar dari pada kunci-kuncinya dan bulk ring adalah bebas bergerak sebagian dari pada lebar gigi dalam hubungannya dengan sleeve.

Roda gigi, sleeve, dan ring bulk

Gambar 2. Roda gigi, sleeve, dan ring bulk

Bila gigi dihubungkan-hubungan sleeve menghubung dengan hubungan gigi pada gear wheel. Bila shifting key ditekan sleeve terhubung maju ke gear wheel, locating key mendorong bulk ring konis gear wheel. Jika kecepatan gear wheel lebih besar maka hubungan sleeve dengan bulk ring akan berputar setengah gigi juga gigi bulk mencegah hubungan sleeve dan terhubung. Jika kecepatan telah sama, mencocokkan sleeve kembali kepala bulk ring hingga membuatnya mungkin untuk menghubungkan sleeve kepada gigi yang cocok pada gear wheel.

Roda gigi roda penerus dan roda gigi ring bulk

Gambar 3. Roda gigi roda penerus dan roda gigi ring bulk

Jika kecepatan dari pada gear wheel lebih rendah dari sleeve penghubung bulk ring akan mengunci (memblok) dengan putaran gigi di dalam gerakan arah yang berlawanan.

Sinkronisasi dan pelepasan

Gambar 4. Sinkronisasi dan pelepasan

Semoga uraian singkat tentang proses “Locking Synchronisation (Penguncian Serempak)” pada sistem transmisi mobil diatas dapat dipahami.