Prinsip Kerja Kotak Roda Gigi (Gear Box) Mobil

Friday, January 20th, 2017 - Mobil, Transmisi

Prinsip kerja kotak roda gigi (gear box) adalah untuk adalah untuk memindahkan gaya dan putaran mesin pada gerakan roda-roda. Yang dinamakan transmisi adalah semua komponen yang memberikan sesuatu kerja dan usaha pada kendaraan. Dalam pemindahan tenaga sebagian dari poros dan roda menerima suatu gaya tertentu.

Disini diperlukan tenaga putar yang besar secara berganti-ganti, kadang-kadang tenaga penggerak sangat tinggi dan kecepatan putaran rendah. Seperti kendaraan untuk mendaki bukit dengan kecepatan rendah dan tenaga penggerak yang mempunyai kekuatan besar untuk mendaki bukit. Sebelum putaran cepat untuk menggerakkan roda-roda ia akan lambat sebab kendaraannya adalah dalam kecepatan rendah.

Prinsip Kerja Kotak Roda Gigi (Gear Box)

Kegunaan dari kotak roda gigi (gear box) adalah untuk :

  1. Mengubah tingkat kecepatan jalannya kendaraan
  2. Mengubah momen sesuai dengan kecepatan kendaraan
  3. Memundurkan kendaraan

Banyak tipe dari transmisi (gear box) dalam penggunaannya dan digolongkan dimana transmisi itu dapat dibedakan dari beberapa keadaan, ini ada beberapa prinsip. Sejumlah gigi-gigi maju pada pertimbangan transmisi itu dapat dibagi di dalam gigi tiga, gigi empat, gigi lima dan seterusnya. Semua transmisi untuk kendaraan mempunyai gigi mundur, bila bekerjanya transmisi digunakan sebagai dasar untuk golongan atau tingkatan maka itu dapat dibedakan atas : transmisi manualdantransmisi otomatis. Dengan pemakaiannya diambil sebagai posisi untuk golongan berikutnya disimpulkan sebagai berikut.

  1. Prinsip transmisi yang mempunyai suatu hubunganperbandingan gigi (gear ratio). Jadi, dihitung tenaga penggeraknya dapat menyesuaikan perbedaan yang diperlukan
  2. Transmisi yang ada direncanakan dalam berbagai keadaan, overdrive yang dipasangkan pada transmisi apabila diperlukan, besarnya tenaga adalah menurun (rendah) dan mesin bekerja pada kecepatan yang relatif rendah pada kendaraan yang berjalan cepat.

Gigi reduksi digunakan dalam gabungan/campuran dengan prinsip transmisi untuk mempercepat penggunaan gigi-gigi. Sebuah transmisi dengan lima percepatan dipakai didalam gabungan dengan dua gigi reduksi dimana akan memberikan sepuluh gerakan maju dan dua gigi mundur. Kotakpeti distribusi menggunakan pembagian tenaga dalam empat roda kendaraan, mempunyai penggerak kedua sumbu sebagai basis dimana orang dapat membagi ke dalam geir box dengan lay shaft journal didalam rumah bearing dan gear box dengan sumbu snivel journal. Kita dapat membagi gigi-gigi sesuai pengsturannya didalam :

  1. Transmisi dengan sliding gear (gigi luncur), dimana gigi-gigi adalah diluncurkan ke dalam hubungannya sehingga gigi terhubung.
  2. Transmisi dengan gigi didalam kontak mesh, bila pertukaran gigi dimana gigi-giginya dalam keadaan posisi terkunci pada poros.
Prinsip Kerja Kotak Roda Gigi (Gear Box),prinsip kerja kotak roda gigi,prinsip kerja gear box,prinsip kerja gearbox,cara kerja gearbox mobil,cara kerja gear box rack and pinion,cara kerja seamles gear box,cara kerja gearbox otomatis,cara kerja gear box type recirculating ball,cara kerja gearbox power steering,cara kerja steering gear box,cara kerja mesin gear box,video cara kerja gear box,prinsip kerja seamless shift gearbox,prinsip kerja motor dc gearbox,prinsip kerja seamless gearbox

Gambar 1. Poros bantu tetap dan melayang

Kami harap uraian singkat tentang “Prinsip Kerja Kotak Roda Gigi (Gear Box)” diatas dapat dipahami.