Roda Sepeda Motor

Saturday, February 4th, 2017 - Sepeda Motor

Fungsi Roda (Wheel) Pada Sepeda Motor

Pada sepeda motor roda berfungsi untuk menopang berat motor dan pengendara, menyalurkan daya dorong, pengereman, daya stir pada jalan. Disaat yang sama roda juga menyerap tekanan/kejutan dari permukaan jalan Pada sepeda motor roda berfungsi untuk menopang berat motor dan pengendara pada area yang kecil dimana permukaan ban menyentuh permukaan jalan, menyalurkan daya dorong, pengereman, daya stir pada jalan. Untuk itu roda harus bersifat kuat, kaku/rigit dan ringan. Ada tiga bagian roda pada sepeda motor, yaitu bagian hub roda, bagian pelek roda (wheel rim), dan ban (tire). Pada hub roda terpasang bantalan peluru (bearing), sepatu rem, tromol dan komponen bantu lainnya. Hub dan pelek roda dihubungkan oleh jari-jari (spokes). Ada juga roda dengan model satu kesatuan dimana  hub dan peleknya terbuat dari bahan yang ringan (seperti pada aluminium).

Design Roda (Wheel) Sepeda Motor

Design roda/pelek tergantung dari tipe struktur, material dan metode pembuatan roda dari pabrik yaitu:

a. Tipe roda jari-jari (wire spoke wheel)

Roda tipe jari-jari

Gambar 1. Roda tipe jari-jari

Tipe ini paling banyak digunakan pada sepeda motor. Dimana roda terbuat dari lembaran-lembaran baja atau alumunium alloy yang melingkar dan hub/tromol terpasang kaku oleh jari-jari.

b.  Tipe roda dari composit  (composite wheel)

Tipe roda dari composit (composite wheel)

Gambar 2. Roda tipe plat press

Tipe ini paling banyak digunakan pada sepeda motor dengan roda kecil (tipe keluarga atau rekreasi). Rodanya/pelek  dibuat dengan menyatukan rim dan hub dengan menggunakan baut dan mur.

c. Tipe roda dari paduan tuang (cast alloy wheel)

Tipe roda dari paduan tuang (cast alloy wheel),roda sepeda motor,gambar roda sepeda motor,roda gigi sepeda motor,diameter roda sepeda motor,roda pada sepeda motor,artikel roda sepeda motor,definisi roda sepeda motor,gear roda sepeda motor,pembongkaran roda sepeda motor,spesifikasi roda sepeda motor,cara merawat roda sepeda motor,fungsi bearing roda sepeda motor,roda dan rantai sepeda motor,komponen roda sepeda motor,pengertian roda sepeda motor,fungsi roda sepeda motor,ukuran roda sepeda motor,sistem roda sepeda motor,bagian roda sepeda motor,materi roda sepeda motor,kunci roda sepeda motor,as roda sepeda motor,sepeda motor roda empat atv,as roda belakang sepeda motor,aturan sepeda motor roda 3,apa fungsi roda sepeda motor,sepeda motor bak roda tiga,mengapa bentuk roda sepeda motor dan mobil bundar,bagian dari roda sepeda motor,cara bongkar roda sepeda motor,sepeda motor roda tiga baru,cara membuka bearing roda sepeda motor,cara bongkar pasang roda sepeda motor,pembongkaran roda belakang sepeda motor,sepeda motor roda tiga yang bagus,balancing roda sepeda motor,bearing roda sepeda motor,roda belakang sepeda motor,roda belakang sepeda motor goyang,roda dan ban sepeda motor,ukuran bearing roda sepeda motor,nomor bearing roda sepeda motor

Gambar 3. Tipe roda dari besi tuang

Roda dan jari-jari menjadi satu disebut tipe “Light alloy disk wheel. Regiditas dan kekuatannya sama dengan sebelumnya, tidak diperlukan penyetelan untuk balancinga roda (beda dengan jarijari yang perlu disetel untuk balancingnya). Designnya sangat trendi biasanya digunakan motor besar, kadang-kadang pada motor kecil dan motor-motor sport.

d. Roda tipe khusus ( dibentuk dari baja yang di press dan didalamnya terbagi dua)

Roda tipe khusus

Gambar 4. Membelah susunan pelek roda

Setiap desain dari roda (wheel) untuk sepeda motor dibuat dengan tujuan atau peruntukan yang disesuaikan dengan kebutuhan dari sepeda motor tersebut.