Sistem Choke Karburator

Thursday, February 16th, 2017 - Mesin, Sepeda Motor

Sistem Choke Karburator Sepeda Motor

Sistem choke (cuk) karburator berfungsi untuk menambah perbandingan bahan bakar dengan udara (bahan bakar diperbanyak) dalam karburator. Cara pengoperasian sistem cuk ada yang manual dan ada juga yang secara otomatis. Kebanyakan karburator tipe baru menggunakan sistem cuk otomatis.

Cara Kerja Sistem Choke Karburator

Salah satu cara kerja sistem choke (cuk) karburator otomatis adalah seperti terlihat pada gambar 1 di atas. Wax unit (bimetal) akan mengkerut penuh jika kondisi mesin dingin sehingga needle (jarum) akan tertarik ke atasĀ  Hal ini akan membuat sejumlah bahan bakar keluar dariĀ  cold start jet (pengabut kondisi dingin). Bahan bakar tersebut kemudian bercampur dengan campuran udara dan bahan bakar yang keluar dari saluran yang digunakan pada kondisi normal, sehingga menghasilkan campuran gemuk/kaya.

Cara Kerja Sistem Choke Karburator,konstruksi sistem cuk otomatis karburator sepeda motor,sistem choke karburator,sistem cuk karburator,fungsi sistem choke pada karburator,sistem choke pada karburator motor,cara kerja sistem choke karburator,prinsip kerja sistem choke karburator,bagian sistem choke karburator,komponen sistem choke karburator,sistem choke karburator sepeda motor

Gambar 1. Konstruksi sistem cuk otomatis karburaot sepeda motor

Ketika mesin mulai panas, wax (bimetal) dalam sistem choke (cuk) karburator yang dialiri arus tersebut, akan mulai panas dan mengembang. Dengan mengembangnya wax tadi akan mendorong (membuat) needle secara perlahan turun. Penurunan needle tersebut akan mengurangi bahan bakar yang keluar dari cold start jet, sehingga lama kelamaan akan membuat campuran semakin kurus. Jika mesin sudah berada pada suhu kerja norrmalnya, maka needle akan menutup cold start jet sehingga sistem cuk tidak bekerja lagi.Untuk lebih detil tentang prinsip kerja sistem choke karburator dapat dilihat pada gambar 1 diatas.