Sistem Penerangan Sepeda Motor

Thursday, January 12th, 2017 - Kelistrikan, Sepeda Motor

Sistem penerangan sepeda motor adalah komponen standar yang harus dimiliki oleh sebuah kendaran seperti sepeda motor, karena hal tersebut sangat diperlukan untuk keselamatan pengendara dan orang lain. Adapun fungsi system penerangan adalah sebagai penerangan jalan kepada pengemudi dan orang lain untuk ketertiban dan keselamatan bersama.

Sistem Penerangan Sepeda Motor

Yang termasuk komponen system penerangan antara lain:

  • Lampu Kepala (Head Lamp)
  • Lampu Kota
  • Lampu Panel

1. Lampu Kepala (Head Lamp)

Lampu kepala terletak di depan kendaraan yang berfungsi sebagai penerangan jalan sekaligus agar terlihat posisi kita oleh orang lain terutama pada malam hari.

sistem penerangan motor,sistem penerangan motor tiger,rangkaian sistem penerangan motor,skema sistem penerangan motor,sistem penerangan sepeda motor yamaha,sistem penerangan sepeda motor ppt,materi sistem penerangan sepeda motor,makalah sistem penerangan pada motor,gambar sistem penerangan sepeda motor,perawatan sistem penerangan sepeda motor,sistem penerangan sepeda motor honda,sistem penerangan sepeda motor pdf,sistem penerangan pada motor honda,sistem penerangan sepedah motor,sistem penerangan sepeda motor suzuki,sistem penerangan pada sepeda motor,sistem penerangan pada sepeda motor honda,rangkaian sistem penerangan sepeda motor,komponen sistem penerangan sepeda motor,makalah sistem penerangan sepeda motor,perbaikan sistem penerangan sepeda motor

Gambar 1. Lampu Kepala (Head Lamp)

Sistem lampu kepala terdiri dari lampu jauh dan lampu dekat, dimana lampu dekat digunakan sebagai penerangan jalan terutama pada malam hari sedangkan lampu jauh sering digunakan sebagai tanda pengganti klakson, antara lain ketika akan mendahului kendaraan lain. Perbedaan panjang sinar lampu kepala ( jauh dan dekat ) sangat terkait dengan konstruksi reflector dari titik apinya serta posisi nyala bohlamnya. Adapun reflektor merupakan cermin cekung yang berbentuk parabola fungsinya untuk memantulkan sinar lampu pijar, supaya sifat refleksi cukup baik maka permukaan reflektor dilapisi dengan alumunium. Hal ini dilakukan dengan melapisi pada bidang parabola dengan aluminium atau chrom melalui proses elektrolisa. Sedangkan Titik api adalah apabila sinar datang dari titik api maka sinar akan dipantulkan sejajar sumbu utama reflektor.

Arah Pantulan sinar titik api

Gambar 2. Pantulan sinar titik api

Supaya satu reflektor dapat digunakan untuk lampu jauh dan dekat maka lampu kepala dibuat terdiri dari dua filament yang dikonstruksi secara kusus agar sinar masing-masing filament lampu sinarnya dapat  memantul jauh atau dekat.

Lampu 2 filamen a. Lampu dekat b. lampu jauh

Gambar 3. Lampu 2 filamen a. Lampu dekat b. lampu jauh

Keterangan

  1. Pada nyala lampu dekat filament terletak lebih ujung dari titik api dan pada bagian bawah filament diberi penutup yang bertujuan agar sinar filament hanya memantul ke atas menuju lengkungan reflector bagian atas sehingga arah pantulan cenderung kea rah bawah.
  2. Pada nyala lampu jauh nyala filament terletak tepat pada titik api reflector sehingga sinar dipantulkan lurus dengan sumbu reflector.

Komponen Sistem Lampu Kepala

  • Baterai
    Sebagai sumber tegangan DC, umumnya mempunyai tegangan sebesar 12 Volt
  • Generator
    Sebagai sumber tegangan AC, generator ini bekerja berdasarkan putaran mesin.
  • Kunci kontak
    Berfungsi untuk menghubungkan sumber tegangan baterai dengan rangkaian
  • Saklar lampu kepala
    Berfungsi untuk menghubungkan arus utama untuk mengaktifkan rangkaian lampu kepala
  • Saklar Dim
    Berfungsi sebagai saklar pemindah lampu jauh dan lampu dekat.
  • Lampu indicator jauh
    Sebagai tanda bagi pengendara bahwa lampu jauh sedang menyala.
  • Bola Lampu Kepala
    Adalah komponen yang mengubah energy listrik menjadi energy panas berupa cahaya yang digunakan sebagai penerangan jalan kendaraan serta agar pengendara lain mengetahui posisi pengendara.
    Jenis lampu untuk sepeda motor
    ■ lampu Kawat (wolfram)
    ■ lampu halogen
    ■ Lampu Gas Discharge
    ■ LED

Secara standar penyalaan lampu kepala secara otomatis sekaligus menyalakan lampu kota dan lampu panel, sehingga secara umum rangkaian lampu kota dan lampu panel adalah bagian dari rangkaian lampu kepala. Berdasarkan sumbernya, sistem lampu kepala pada sepedamotor terdiri dari dua macam yaitu system DC dan system AC.

Sistem Lampu Kepala DC

Komponennya yaitu Baterai, sekering, kunci kontak, saklar lampu kepala, saklar dim dan lampu kepala.

Rangkaian Lampu kepala DC

Gambar 4. Rangkaian Lampu kepala DC

Prinsip kerja rangkaian lampu kepala DC

Ketika Kunci kontak di hubungkan maka arus mengalir dari baterai menuju saklar lampu kepala, saat lampu kepala di gerakkan sekali (posisi 1) tuas saklar lampu kepala terhubung dengan lampu kota sehingga lampu kota bagian depan, bagian belakang dan lampu panel nyala bersamaan karena terhubung parallel. Saat saklar lampu kepala digerakkan dua kali maka disamping lampu kota tetap menyala, tuas saklar lampu kepala (posisi 2) arus akan mengalir menuju saklar dim kemudian saklar dim akan mengalirkan arus untuk lampu dekat atau lampu jauh sekaligus lampu control jauh yang terhubung parallel dengan lampu jauh.

Sistem Lampu Kepala AC

Komponennya yaitu Generator, regulator, saklar lampu kepala, saklar dim dan lampu kepala.

Rangkaian Lampu kepala AC

Gambar 5. Rangkaian Lampu kepala AC

Prinsip Kerja Rangkaian Lampu Kepala AC

Secara prinsip sama dengan system lampu kepala DC, namum karena sumber utama dari generator AC yang berputar sesuai dengan putaran mesin, maka perlu dipasang regulator pembatas tegangan agar tegangan pada lampu kepala tidak melebihi tegangan system yaitu 12 volt meskipun putaran mesin sedang tinggi.

2. Lampu Kota

Lampu Kota disebut juga lampu posisi dinyalakan ketika mulai senja atu keadaan jalan belum gelap, dengan kata lain lampu kota ini juga berfungsi agar pengendaraan lain  mengetahui keberadaan pengendara, pada umumnya lampu kota terdiri dari lampu kota bagian depan dan bagian belakang dimana sebagian besar sepeda motor lampu kota bagian belakang sekaligus difungsikan sebagai lampu plat nomer kendaraan. Daya lampu kota lebih kecil dibanding lampu kepala yaitu antara 7 – 10 watt

3. Lampu Panel

Lampu panel berfungsi sebagai penerangan pada panel pengemudi antara lain penerangan speedometer, penerangan meter bahan bakar, temperature mesin. Daya lampu panel umumnya sama dengan lampu kota.

Setiap sepeda motor wajib memiliki sistem penerangan sepeda motor sebagai syarat keamanan dalam berkendara.