Sistem Suspensi Depan Sepeda Motor

Saturday, April 1st, 2017 - Chasis/Body, Sepeda Motor

Sistem suspensi depan sepeda motor merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan system kemudi, karena kontruksi suspensi depan terangkai menjadi satu kesatuan dengan kemudi. Kelengkapan kemudi berfungsi sebagai pengarah jalan kendaraan. Selain penampilan pendeknya stang kemudi merupakan unsure lain yang harus diperhitungkan. Batang kemudi yang panjang akan ringan digerakkan, namun kendaraan menjadi kurang lincah. Sebaliknya batang kemudi yang pendek membuat gerakan kendaraan menjadi lincah, namun berat untuk dikendalikan.

suspensi depan sepeda motor,cara merawat suspensi depan sepeda motor,langkah kerja suspensi depan sepeda motor,sistem suspensi depan pada sepeda motor,cara ganti oli suspensi depan sepeda motor,shock depan sepeda motor,jenis suspensi depan sepeda motor,tipe suspensi depan sepeda motor,gambar suspensi depan sepeda motor,fungsi suspensi depan sepeda motor,suspensi depan pada sepeda motor,makalah suspensi depan sepeda motor,materi suspensi depan sepeda motor,perawatan suspensi depan sepeda motor,pemeriksaan suspensi depan sepeda motor,laporan suspensi depan sepeda motor,kerusakan suspensi depan sepeda motor,servis suspensi depan sepeda motor,cara membongkar suspensi depan sepeda motor,harga shock depan sepeda motor,cara memperbaiki suspensi depan sepeda motor,tipe suspensi bagian depan sepeda motor,suspensi bagian depan sepeda motor,suspensi depan dan belakang sepeda motor,cara bongkar pasang suspensi depan sepeda motor,perbedaan suspensi depan dan belakang sepeda motor,perbedaan suspensi depan dan belakang pada sepeda motor,cara membongkar dan memasang suspensi depan sepeda motor,cara kerja suspensi depan sepeda motor,cara membuka suspensi depan sepeda motor,cara perawatan suspensi depan sepeda motor,cara mengganti oli suspensi depan sepeda motor,cara kerja suspensi depan pada sepeda motor,cara melepas suspensi depan sepeda motor

Gambar 1. Suspensi yang terkoneksi dengan steering

Terkoneksinya garpu suspensi dengan sasis kendaraan melalui steering sangat mempengaruhi kestabilan pengendalian dari system kemudi sepedamotor, oleh karena itu harus diperhitungkan secara tepat besarnya sudut kemiringan menyesuaikan dengan kebutuhan dimana kendaraan tersebut akan digunakan. Kemiringan tersebut dikenal dengan istilah sudut caster (lihat gambar diatas). Dengan sudut caster yang kecil berarti pengendalian sepeda motor terasa baik untuk jalan yang lurus dengan kecepatan tinggi. Tetapi pada kecepatan rendah, pengendalian terasa berat dan kurang enak untuk tikung-menikung.

Jenis Sistem Suspensi Depan Sepeda Motor

Pada umumnya suspensi depan sepedamotor juga sekaligus sebagai garpu penahan roda depan ini terbagi menjadi dua jenis yaitu :

Suspensi Depan Sepeda Motor Jenis Bottom link

Jenis ini mempunyai konstruksi lengan ayun yang terpasang pada poros roda depan yang terbagi menjadi dua jenis yaitu :

  • Leading link
    Konstruksi suspensi leading link

    Gambar 2. Konstruksi suspensi leading link

    Jenis suspensi depan yang dirancang memiliki pivot link (lengan ayun) menghadap kea rah depan shock absorbe ditahan oleh leading edge pada garpu.Suspensi ini banyak digunakan pada sepeda motor jenis bebek

  • Trailing Link
    Konstruksi suspensi trailing link

    Gambar 3. Konstruksi suspensi trailing link

    Jenis suspensi   yang dirancang memiliki posisi poros (axle) yang didukung oleh links dan shock absorber.Leading link memiliki lengan ayun yang menghadap kea rah belakang.Suspensi ini banyak digunakan pada sepeda motor jenis scooter / vespa.

Suspensi Depan Sepeda Motor Jenis Telescopic

Sistem suspensi depan jenis telescopic paling banyak digunakan pada sepeda motor jenis sport, bebek, dan scooter. Suspensi jenis ini bekerja berdasarkan pergerakan turun naik pipa garpu yang mendapat bantuan tekanan pegas dan sebagai fungsi damping (peredam). Sistem suspensi depan sepeda motor jenis telescopic ini ditunjukan pada gambar 1 diatas.