Suspensi Belakang Sepeda Motor

Friday, January 27th, 2017 - Chasis/Body, Sepeda Motor

Suspensi belakang jenis swing arm memberikan kenyamanan dalam pengendaraan serta membantu daya tarik dan kemampuan mengontrol gerakan roda yang baik. Suspensi adalah bagian dari sepeda motor yang menghubungkan roda terhadap rangkanya. Kontruksinya dibuat sedemikian rupa sehingga kendaraan dapat untuk berjalan dengan nyaman dan aman. Sehingga sebuah suspensi harus mampu :

  • Menyerap goncangan akibat kondisi jalan
  • Meneruskan gaya pengereman dan pengemudian.
  • Mengantar gerakan roda
  • Memungkinkan roda tetap menapak pada jalan

Sistem suspensi merupakan gabungan / perpaduan antara pegas dan peredam kejut / shock absorber ini pada sepeda motor

Jenis Suspensi Belakang Sepeda Motor

Suspensi belakang dengan sistem dasar swing arm ini dirancang untuk beberapa jenis, tergantung dari kebutuhan sistem redamnya serta disain dari swing armnya. yaitu

Suspensi Belakang Sepeda Motor Jenis Double Suspensi (Shock)

Type ini menggunakan dua buah lengan ayun digantung pada frame dan ujung lain dari lengan tersebut menopang roda belakang. Dan suspensi unit diletakkan antara ujung belakang dari lengan dan frame. Untuk sepeda motor umumnya menggunakan lengan dari plat baja. Untuk motor sport menggunakan pipa baja.

Suspensi Belakang Sepeda Motor Jenis Double Suspensi (Shock),suspensi belakang sepeda motor,suspensi belakang pada sepeda motor,cara kerja suspensi belakang sepeda motor,sistem suspensi belakang pada sepeda motor,latar belakang sistem suspensi sepeda motor,komponen suspensi belakang sepeda motor,jenis suspensi belakang sepeda motor,sistem suspensi belakang sepeda motor,pengertian suspensi belakang sepeda motor,bagian suspensi belakang sepeda motor,gambar suspensi belakang sepeda motor,cara memperbaiki suspensi belakang sepeda motor,macam macam suspensi belakang sepeda motor,latar belakang suspensi sepeda motor,suspensi depan dan belakang sepeda motor,tipe suspensi belakang pada sepeda motor,perbedaan suspensi depan dan belakang sepeda motor,cara kerja suspensi belakang pada sepeda motor,penyebab suspensi belakang sepeda motor terlalu keras

Gambar 1. Suspensi belakang jenis double

Jenis ini mempunyai dua peredam kejut yang mendukung bagian belakang frame body dan swing arm.

Suspensi ini umum dugunakan, karena sangat sederhana proses pemasangan jumlah komponen yang lebih sedikit, serta mempunyai sistem dasar yang ekonomis.

Suspensi Belakang Sepeda Motor Jenis Mono Shock

Jenis suspensi ini mempunyai satu peredam kejut yang mendukung bagian belakang frame body dan bagian swing arm. Suspensi ini mempunyai kontruksi yang rumit, tetapiĀ  lebih stabil disbanding jenis double suspensi. Banyak digunakan pada sepeda motor modern dan untuk keperluan sport.

Suspensi Belakang Sepeda Motor Jenis Mono Shock

Gambar 2. Suspensi belakang jenis mono

Pada jenis sepeda motor yang menggunakan mono shock, ada juga yang disebut type unit swing arm dimana mesin sepeda motornya sendiri berfungsi sebagai lengan ayun. Tipe sistem suspensi belakang ini digunakan untuk sepeda motor scooter dan sebagian moped.

Suspensi belakang mono shock jenis unit swing

Gambar 3. Suspensi belakang mono shock jenis unit swing