Transmisi Dengan Gigi-Gigi Constant Mesh

Thursday, February 23rd, 2017 - Mobil, Transmisi

Transmisi Dengan Gigi-Gigi Constant Mesh

Tipe transmisi ini digunakan pada hampir semua kendaraan-kendaraan modern, mobil penumpang dan kendaraan berat lainnya. Transmisi itu pada umumnya mempunyai gigi helical yang bekerjanya aman (tenang) dan pemindahan tenaganya lembut.

  1. Gerakan dipindahkan dari sumbu pertama (first motion shaft gear) melalui gigi-gigi pada lay shaft ke roda gigi yang terdapat pada sumbu utama (main shaft). Semua gigi-giginya berputar tetapi sumbu utama tetap tinggal diam.
  2. Bila sliding hub diluncurkan ke belakang untuk mengunci gigi belakang pada sumbu utama maka gerakan dipindahkan kepada sumbu utama melalui sliding hub. Jika sliding hub diluncurkan maju ke flrst motion shaft dan bersama-sama dengan sumbu utama maka hasilnya akan memutar langsung. Gigi secara tetap akan berputar tetapi tidak memberikan efek pada tenaga transmisi. Tipe transmisi ini adalah mendekati dengan cara sinkromes hanya bedanya pada sliding hub.
transmisi dengan gigi-gigi constant mesh,transmisi constant mesh,kelebihan transmisi constant mesh,yang dimaksud transmisi constant mesh,pengertian transmisi constant mesh,gambar transmisi constant mesh,kelemahan transmisi constant mesh,komponen transmisi constant mesh,transmisi manual tipe constant mesh,pendukung sistem transmisi constant mesh,prinsip kerja transmisi constant mesh,gambar transmisi tipe constant mesh,komponen utama transmisi constant mesh,apa itu transmisi constant mesh,apa yang dimaksud transmisi constant mesh,transmisi constant mesh adalah

Gambar 1. Transmisi dengan gigi-gigi constant mesh

Gambar 2 ini merupakan alat sinkromes yang sederhana dimana keserempakan bekerjanya oleh gesekan antara bagian dalam dari kuningan yang konis, ini didalam sliding hub dan bagian luar konis dari roda gigi. Posisi roda gigi sebelum dihubungkan sliding hub berputar, diputarkan oleh splins (alur-alur) pada sumbu utama yang hanya merupakan putaran bebas saja. Gear wheel diputarkan oleh sumbu utama dan kecepatannya diperlambat mesin apabila kopling diputuskan. Kecepatan sliding hub itu lebih tinggi dari pada gear wheel.

Alat sinkromes sederhana

Gambar 2. Alat sinkromes sederhana

Sinkromes dan hubungannya

Batang pemindah gigi dan shifting yoke menggerakkan sliding hub yang didorong kembali gear wheel. Konis didalam hub menghubung dengan konis didalam gear wheel dan sebagainya gear wheel dipercepat. Bila tenaga pada shift yoke ditambah dan spring load ball ditekan ke dalam sliding hub dapat meluncur lebih jauh ke muka ke gear wheel kemudian gerakan diatas menghubung dua pasang gigi melengkapi putaran antara sumbu utama dengan sliding hub.

Fungsi sederhana dari pada alat sinkromes adalah untuk memudahkan pengemudi menggerakkan gear lever (tuas gigi). Selanjutnya direncanakan suatu locking synchronisation memakai sebuah ring synchromesh, ini membuat kemungkinan menghubungkan sebuah gigi sampai terhubung sleeve dan gear wheel sampai kecepatannya sama.

Kami harap uraian singkat tentang “Transmisi Dengan Gigi-gigi Constant Mesh” diatas mudah dipahami.