Tuas Pemindah Percepatan

Wednesday, January 25th, 2017 - Mobil, Transmisi

Interlock Tuas Pemindah Percepatan

Banyak cara pergantian gigi supaya tepat dengan interlocknya untuk mencegah gerakan serentak sumbu-sumbunya. Bila sebuah porosnya meluncur sepanjang pin interlock ditahan melintang dan mengunci sumbu yang lain. Pin interlocknya ditahan melintang dan mengunci sumbu yang lain. Pin interlock cukup panjang untuk mengunci sumbu kedua agar sumbu itu tidak bergerak bersama sama. Bandingkan cara memindah atau memilih gigi pada transmisi. Transmisi ofset pada gantungan lantai dimana berbagai tuas-tuas dan batang-batang bekerja didalam hubungannya selama dipindahkan.

Interlock Tuas Pemindah Percepatan,sistem pemindah gigi untuk transmisi 4 percepatan,mekanisme roda gigi bebas,bagian-bagian box transmisi,tuas pemindah percepatan,interlock tuas pemindah percepatan,mekanisme free wheel tuas pemindah percepatan

Gambar 1. Tuas Gigi Pada Kolom Kemudi

Tuas gigi yang digantungkan pada kolom kemudi pengaturannya adalah biasa juga, itu digerakkan naik/turun (panah hitam) dengan tuas gigi yang mana shifting yoke bergeraknya maju dan mundur (panah putih).

Gambar 1 adalah sistem pemindah gigi untuk transmisi 4 percepatan gigi mundur yang mempunyai yoke tersendiri, apabila tuas gigi ditekan bergerak dipindahkan oleh batang ke batang pemindah dan selektor gigi dipindahkan oleh tuas selektor ke notcht pada dog. Gerakan tuas gigi maju, posisi gigi dipindahkan melalui tuas dan batang kepada tuas pemindah gigi. Bekerjanya pemindah gigi dog shifting shaft dan shifting yoke untuk tuas pengungkit. Gerakan shifting yoke 3 dan 4 untuk macam macam posisi tuas gigi dapat bersama-sama dengan tanda panah.

Sistem pemindah gigi untuk transmisi 4 percepatan

Gambar 2. Sistem pemindah gigi untuk transmisi 4 percepatan. Perhatikan arah panahnya

Mekanisme Free Wheel Tuas Pemindah Percepatan

Kendaraan-kendaraan tua dimana perlengkapannya dengan sebuah mekanik free wheel ditempatkan di belakang transmisi.

Prinsip Kerja Mekanisme Free Wheel Tuas Pemindah Percepatan :

Apabila sumbu utama dari transmisi mempunyai kecepatan lebih tinggi daripada poros penghubung propeller shaft, maka mekanik free wheel berfungsi sebagai sebuah bubungan yang kaku (rigid) diantara poros. Jika poros propeller kecepatannya lebih besar daripada sumbu utama dari transmisi seperti apabila kaki mengangkat pedal throttle dan mesin kecepatannya menurun, maka hubungan akan putus oleh gerakan dari pada mekanik free wheel. Kegunaan dari alat untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan membuat pergantian gigi menjadi lebih mudah. Selanjutnya mesin tidak dapat digunakan sebagai rem seperti juga propeller shaft tidak dapat memutarkan sumbu utama transmisi.

Mekanik free wheel digunakan di dalam overdrive dan automatic transmisi dimana overdrive membuat pergantian gigi menjadi lebih mudah oleh muatan bebas gigi-gigi penghubungnya.

Mekanisme roda gigi bebas

Gambar 3. Mekanisme roda gigi bebas

Poros dihubungan dengan free wheel dengan splin (alur-alur), free wheel hub dihubungkan secara mekanik diterima roller. Roller membias dan memegas selalu menekan roller ke atas kembali pada dudukan roller yang melengkung. Bila free wheel hub cenderung bergerak lebih cepat free wheel cosing, roller bergerak keluar pada dudukan yang berbentuk roller dalam hub dan mengunci hub serta kotaknya bersama-sama sumbu digerakkan berputar. Jika kotak cenderung berputar lebih cepat hub roller dibebaskan dan membawanya kembali ke tempat duduknya hub. Kotak dengan sumbu adalah bebas berputar lebih cepat dari sumbu. Free wheel dapat mengunci dengan sebuah alat pengunci diantara alur poros dan gigi,gigi dalam free wheel hub.

Bahan Yang Digunakan Dalam Bagian-Bagian Transmisi

Rumah atau box transmisi ada yang dibuat dari besi tuang (cast iron) dan ada joros dihubungkan poros gardan juga yang terbuat dari bahan campuran aluminium. Gigi giginya umumnya dibuat dari besi. Demikian juga bantalannya dan washernya terbuat dari bahan kuningan, pelumasnya SAE 90.

Bagian-bagian box transmisi

Gambar 4. Bagian-bagian box transmisi

Kami harap uraian singkat tentang “Tuas Pemindah Percepatan” diatas mudah dipahami.